Pengertian Layanan Bimbingan Kelompok
Menurut Prayitno (1995: 61) bahwa
“Bimbingan kelompok adalah memanfaatkan dinamika untuk mencapai
tujuan-tujuan bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok lebih
menekankan suatu upaya bimbingan kepada individu melalui kelompok”.
Sukardi (2002: 48) menjelaskan bahwa :
Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang memungkinkan sejumlah
peserta didik secara bersama-sama memperoleh bahan dari narasumber
tertentu (terutama guru pembimbing atau konselor) yang berguna untuk
menunjang kehidupan sehari-hari baik individu sebagai pelajar, anggota
keluarga, dan masyarakat serta untuk mempertimbangkan dalam pengambilan
keputusan.
Dengan demikian bimbingan kelompok adalah
proses pemberian informasi dan bantuan yang diberikan oleh seorang yang
ahli (guru pembimbing) pada sekelompok orang dengan memanfaatkan
dinamika kelompok guna mencapai suatu tujuan tertentu, tujuan dalam
penelitian ini adalah membentuk konsep diri positif.
Tujuan Bimbingan Kelompok
Kesuksesan layanan bimbngan kelompok
sangat dipengaruhi sejauh mana tujuan yang akan dicapai dalam layanan
layanan kelompok yang diselenggarakan.
Tujuan bimbingan kelompok yang dikemukakan oleh Prayitno (2004: 2-3) adalah sebagai berikut :
1. Tujuan Umum
Tujuan umum dari layanan bimbingan
kelompok adalah berkembangnya sosialisasi siswa, khususnya kemampuan
komunikasi anggota kelompok. Melalui layanan Bimbingan Kelompok hal-hal
yang menganggu atau menghimpit perasaan yang diungkapkan, diringankan
melalui berbagai cara dan dinamikan melalui berbagai masukan dan
tanggapan baru. Selain bertujuan sebagimana Bimbingan Kelompok, juga
bermaksud mengentaskan masalah klien denagn memanfaatkan dinamika
kelompok.
2. Tujuan Khusus
Bimbingan kelompok bermaksud membahas
topik-topik tertentu. Melalui dinamika kelompok yang intensif,
pembahasan topik-topik itu mendorong pengembangan perasaan, pikiran,
persepsi, wawasan dan sikap yang menunjang diwujudkannya tingkah laku
yang lebih efektif. Dalam hal ini kemampuan berkomunikasi verbal maupun
non verbal ditingkatkan.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling (l.1-L.9). Padang: Universitas Negeri Padang.
Bner bnget..,
BalasHapusgantian yah
BalasHapushehehe
bahas tahap-tahapnya juga dong sal :D
BalasHapusbackk
BalasHapusamazing,,, :P
BalasHapus