Kamis, 25 April 2013

Pendidikan dan Kecerdasan Emosional (EQ)

   (kecerdasan dan kesehatan emosional anak,DR.Makmun Mubayidh:125-127)
       peran utama seorang  Guru untuk meningkatkan EQ murid-muridnya.langkah utama yang harus dilakukan seorang guru yaitu dengan meningkatkan kemampuan EQ-nya sendiri,dan dalam waktu yang sama berusaha meningkatkan EQ murid-muridnya.Baik guru maupun murid dapat memanfaatkan proses pembelajaran guna meningkatkan EQ mereka.Dengan demikian ,proses pembelajaran akan sangat menyenangkan karena dibangun atas dasar sikap saling menghargai dan menjawab kebutuhan masing-masing.

      bahwa Dalam proses pembelajaran, Seorang guru harus memenuhi kepentingan murid-muridnya,dan bukan sebaliknya,murid diharuskan memenuhi kepentingan gurunya sebagaimana yang sering kita saksikan.pemiran ini menghasilkan kesimpulan ,bahwa dalam pendidikan kebutuhan mueid harus lebih diutamakan daripada kepentingan guru.
       dapat kita menyimpulkan, bahwa guru yang ideal adalah guru yang sebagian besar kebutuhannya telah terpenuhi.Guru yang sebagian besar kebutuhannya belum terpenuhi sulit diharapkan untuk mampu mengajar dengan efektif.pepatah mengatakan "Orang yang kehilangan sesuatu,tiidak mungkin memberikan sesuatu pada orang lain." Guru harus mampu mendapatkan penghormatan murid-muridnya karena keteladanan perilakunya,serta karena cara dia memperlakukan mereka.
     
     Disis lain, EQ anak mempengaruhi kecerdasan intelektualnya.EQ Juga mempengaruhi keinginanya untuk belajar dan mendaptkan ketrampilan serta pengalaman baru.Ini menjadi akn lebih penting saat kita mengetahui bahwa setiap anak atau murid  mempunyai karakter emosi yang unik.Dengan begitu,setiap murid diperlakukan sesuai dengan karakter emosi dan perasaannya.
 
      Tujuan proses pembelajaran harus difokuskan pada perbedaan emosi masing anak.Ketidakpedulian guru pada emosi anak akan menghambat proses pembelajaran yang dilakukannya.Akibatnya bisa lebih buruk jika guru berusaha menghancurkan perasaan dan emosi murid-muridnya. peran sekolah juga sangat berpengaruh dalam mengajarkan pada murid-muridnya sikap disiplin,taat,dan patuh.Namun,upaya ini harus dilakukan dengan tetap menghormati murid dan karakter mereka yang berbeda.Dilakukan  dengan upaya yang bijaksana dan sesuai dengan  EQ dan perasaan murid.

maka kita dapat menyimpulkan bahwa proses pembelajaran harus mapu mewujudkan tujuan-tujuan berikut:

  1. Mengembangkan rasa tanggung jawab pada diri murid
  2. Mengembangkan perasaan merdeka dan mandiri
  3. Mengembangkan jiwa yang menghormati  dan menghargai diri sendiri
  4. Mengembangkan  keinginan kuat untuk memberikan pertolongan pada orang lain dan menghormati perasaan mereka
  5. Mengembangkan kemampuan adaptasi dengan keadaan yang berubah-ubah dan situasi sulit

terimakasi semoga bermanfaat bagi para pembaca ^__^

8 komentar:

  1. Trimakasih atas sajian'y.,:-)

    BalasHapus
  2. baguuus, mampir blogku juga ya :D

    BalasHapus
  3. bermanfaat, kalo bisa lbih detai

    BalasHapus
  4. sip....artikelnya membangun..semoga pembimbing bisa menjadi guru yg baik bagi siswa/siswi, guna meningkatkan kualitas & kuantitas anak bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ka dah sempetin komen ke blog aq :-)

      Hapus